REFEKSI MODUL 3.1
Modul 3.1 Pengambilan Keputusan Berbasis Nilai - Nilai Kebajikan Sebagai Pemimpin dimana merupakan modul awal dari paket modul 3 ini. Sama seperti modul sebelumnya disetiap akhir pembelajaran , saya harus melakukan refleksi pembelajaran yang sudah saya peroleh dari modul ini. Di sini saya akan meyampaikan hasil refleksi saya dengan menggunakan model 4 F atau 4P yaitu Facts ( Peristiwa ), Filling ( Perasaan), Findings ( Pembelajaran ) dan Future ( Penerapan ).
1. Facts ( Peristiwa )
Sebelum memasuki pembelajaran modul 3.1 terlebih dahulu di awali dengan melakukan pre - test. Selanjutnya sama seperti modul sebelumnya pembelajaran dilakukan dengan alur MERDEKA (Mulai dari diri, Eksplorasi konsep,Ruang Kolaborasi, Demonstrasi kontekstual, Elaborasi Pemahaman , Koneksi antar materi dan Aksi nyata ).
Tahap pertama mulai dari diri yaitu kegiatan ini dimulai dengan menjawab beberapa pertanyaan yang terkait dengan pengambilan keputusan berbasis nilai - nilai kebajikan sebagai pemimpin. Kemudian melakukan survey dengan dihadirkan satu kasus dan melakukan analisa secara mandiri jika menjadi seorang kepala sekolah.
Tahap kedua yaitu Eksplorasi Konsep. Dimana CGP secara mandiri melakukan pembelajaran dan mendalami semua materi modul 3.1 yang ada di LMS. Di sini CGP mempelajari kasus dilema etika dan bujukan moral. Dibagian akhir dari eksplorasi terdapat forum diskusi dimana para CGP melakukan analisa terhadap kasus yang ada di LMS
Tahap ketiga yaitu Ruang Kolaborasi . Di Ruang Kolaborasi CGP dibagi menjadi beberapa kelompok. Pembelajaran dilakukan secara online melalui Gmeet yang di pandu oleh fasilisator kami Ibu Hotdiana Nababan. Kami menganalisa sebuah kasus dari permasalahan yang di ambil dari sekolah saya sendiri yaitu TK Aisyiyah Bustanul Athfal Nanga Pinoh. Dan keesokan harinya kami melakukan presentasi atas hasil diskusi kami.
Tahap keempat yaitu Demonstrasi Kontekstual. Kami ditugaskan untuk mewawancarai 2 -3 kepala sekolah mengenai praktik pengambilan keputusan dalam kasus dilema etika yang terjadi di sekolah mereka. Disini CGP melakukan wawancara dan direkam, dan dikumpul.
Tahap kelima adalah Elaborasi Pemahaman yang di awali dengan membuat pertanyaan. Kemudian CGP mengikuti Vcon Elaborasi Pemahaman untuk lebih memahami mengenai pengambilan keputusan berbasis nilai - nilai kebajikan sebagai pemimpin.
Dan dilanjutkan dengan Lokakarya 4 Program Pendidkan Guru Penggerak Angkatan 7 Lokasi di SD N 6 Nanga Pinoh, Perbaungan dengan materi coaching untuk supervisi akademik dan kami banyak belajar praktek coaching sesama CGP
2. Filling ( Perasaan )
Perasaan saya setelah mempelajari modul 3.1 adalah sangat bersyukur, karena banyak pemahaman baru yang saya peroleh dalam mengambil suatu keputusan. dan saya merasa tertantang untuk menerapakan 4 paradigma pengambilan keputusan, 3 prinsip pengambilan keputusan dan 9 langkah pengambilan dan pengujian keputusan jika saya mengalami dilema etika di kehidupan saya. Pengambilan keputusan yang tepat tentunya berdampak pada terciptanya lingkungan yang positif, kondusif aman dan nyaman bagi semua stekholder sekolah
3. Finding ( Pembelajaran )
Pembelajaran yang saya peroleh dari modul 3.1 ini adalah bahwa dalam pengambilan suatu keputusan haruslah berdasarkan nilai - nilai kebajikan, berpihak pada muird dan dipertanggung jawabkan. Kemudian kita harus mengidentifikasi terlebih dahulu apa permasalahan yang dihadapi apakah dilema etika atau bujukan moral. Penerapan 4 paradigma pengambilan keputusan, 3 prinsip pengambilan keputusan dan 9 langkah pengambilan dan pengujian keputusan sebagai langkah awal untuk menentukan apakah masalah tersebut dilema etika atau bujukan moral.Dimana dilema etika itu adalah situasi keduanya benar dan bujukan moral itu situasi benar atau salah. Apabila sebuah kasus sudah dipahami sebagai pelanggarn hukum , maka langkah - langkah pengambilan keputusan tidak perlu dilanjutkan karena sudah melewatu uji legal ( hukum ) yang menyatakan kasus tersebut adalah benar lawan salah ( bujukan moral)
4. Future ( Penerapan )
Dengan pemahaman dan pengetahuan yang saya peroleh diari modul 3.1 ini, saya akan mulai menerapkan 4 paradigma pengambilan keputusan , 3 prinsip pengambilan keputusan dan 9 langkah pengambilan dan pengujian keputusan jika saya dihadapakn dengan permasalahan situasi dilema etika. Dan saya akan berbagi pengalaman dengan rekan sejawat saya mengenai langkah - lagkah pengambilan keputusan ini. Agar nantinya kami dapat mengambil keputusan sesuai dengan nilai - nilai kebajikan universal dapat dipertanggung jawabkan dan semuanya berpihak pada murid.
Terima kasih
Komentar
Posting Komentar