JURNAL REFLEKSI 1.3

 

JURNAL REFLEKSI DWI MINGGUAN

MODUL 1.3. VISI GURU PENGGERAK

 

TUNING AGUSTIN
CGP Angkatan 7 Kabupaten Melawi

 Jurnal Dwi Mingguan ini saya tulis memnggambarkan refleksi saya setelah mempelajari modul 1.3 dan ini merupakan tugas setelah mempelajari modul 1.3 dan ini merupakan tugas setelah berakhirnya modul yang dipelajari sebagai calon guru penggerak. Saya akan menuliskan pengalaman dan yang dirasakan selama mempelajari modul 1.3 dalam artikel ini, kegiatan yang saya pelajari dalam modul 1.3 saya merefleksikan dengan model 4F yang di prakarsai oleh Dr.Roger Greenaway diantaranya yaitu :

 Facts ( Peristiwa)

     Pada Modul ini calon guru penggerak diarahkan  untuk merumuskan visi guru penggerak  yang sesuai dengan profil pelajar pancasila. Mempelajari bagaimana manajemen perubahan dengan pola pikir positif yaitu ninkuiri apresiatif dengan menggunakan tahapan BAGJA (B-uat pertanyaan,A-mbil Pelajaran,G-ali mimpi,J-abarkan rencana,A-tur eksekusi)

Pada minggu ke 3 bulan november yaitu tanggal 22 November 2022 saya mulai mempelajari materi mulai dari diri dan eksplorasi konsep secara mandiri. Pada modul ini diarahkan dapat merumuskan visinya sebagai guru penggerak yang sesuai dengan profil pelajar pancasila. Memahami pentingnya visi guru penggerak yang berpihak pada  jurid sebagai landasan segala inisiatif perubahan , memahami bagaimana manajemen perubahan dengan pola pikir positif melalui pendekatan inkuiri apresiatif dengan menggunakan BAGJA yaitu Buat pertanyaan, Ambil pelajaran,Gali mimpi,Jabarkan rencana, Atur eksekusi. 

 Pada tanggal 23 November 2022 ada kegiatan pendampingan individu yang pertama oleh pengajar praktis (PP) yaitu Ibu Beata Halla. Berlangkung pukul 13.30-15.30 WIB, dalam pendampingan tersebut calon guru penggerak di beri arahan , masukan serta motivasi untuk kemajuan calon guru penggerak dalam penerapan di sekolah. 

Pada tanggal 25 November 2022 saya melaksanakan gmeet dalam ruang kolaborasi dengan fasilitator yaitu Mizan. tentang visi guru penggerak dengan menggunakan kanvas BAGJA, dalam diskusi kami dibagi tiga kelompok ,kebetulan saya sekelompok dengan Bapak Syamsom Sandhi, Sri Lestari dan Lorita Ayuni. Hasil diskusi kami dpresentasikan  pada tanggal 28 November 2022. Diskusi sangat mengasyikan karena terjadi perbadaan pendapat dan saling menambah ilmu pengetahuan tentang alur BAGJA. Pada tanggal 28-29 november 2022 mempelajari demontrasi kontektual. pada tanggal 2 desember 2022 kita masuk keruang elaborasi pemahan dimana semua calon guru penggerak masuk melalui room yang telah disediakan dansesuai  demngan jadwal pada kesempatan ini kita memahamibagaimana kita membuat visi yang sesuai dengan profil pelajar pancasila, menentukan prakarsa perubahan membuat kanvas BAGJA untuk rencana perubahan yang sesuai dengan inkuiri apersiatif.

 

 

Feelings(Perasaan)

   Perasaan saya selama mempelajari modul 12.3 tentang visi guru penggerak ini yaitu merasa senang bangga dan sangat termotivasi untuk  menjalankan guru penggerak. setelah mempelajari modul 1.3 saya bersemangat untuk menerapkan dan menjalankan visi rencana perrubahan dengan menggunakan tahapan BAGJA yang sudah dirumuskan . Semangat dan motivasi membuar aura positif dalam menjalankan prakarsa perunahan saya sehingga dapat terwujud.

 Findings(Pembelajaran)

Setelah mempelajari modul 1.3 ini saya mengetahui bahwa dalam memimpin perubahan positif harus berpikir stategis dan memahami inkuiri apresiatif sebagai paradigma dengan mnenggunajkan tahapan BAGJA.tahapan BAGJA ialah model manajemen perubahan yang terdiri dari Buat pertanyaan utama, Ambil pelajaran,Gali mimpi,Jabarkan rencana dan Atur eksekusi, yang di adopsi dari model 5D (Define,Discover,Dream,Design,Deliver)

 Future (Penerapan)

Setelah mempelajari modul 1.3 ini yaitu tentang visi guru penggerak maka saya akan berusaha menerapkan dan mewujudkan visi yaitu "Terwujudnya murid yang berakhlak mulia, bernalar kritis dan menjadi sauri tauladan bagi sesama" dan saya akan menerapokan prakarsa perubahan yang saya rumuskan yaitu "menerapkanpemahaman  nilai - nilai moral dan bernalar kritis yang berpihak pada murid untuk meningkatkan kemampuan ploblem solving.

Saya melakukan pembelajaran berpihak  pada murid dan melakukan pembelajaran yang nyaman dan menyenangkan. Saya berusaha akan terus berinovasi dalam mengembangkan ide dalam pembelajaran, oleh karena itu saya melakukan kolaborasi dengan teman sejawatserta pihak sekolah agar terwujudnya visi serta prakarsa perubahan.

Demikian jurnal dwi mingguan ini saya buat pada modul 1.3 tenyang visi guru penggerak.

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

AKSI NYATA MODUL 1.1